Kenapa Dark Souls Seabaiknya Tidak Mengimplementasi Easy Mode
Kesusahan dari seri video game Dark Souls karya dari developer FROMSOFTWARE adalah sesuatu yang sudah terkenal dan sampai sudah menjadi sebuah meme. Kesusahan yang terkenal ini membuat para jurnalis dan reviewer game menginginkan sebuah easy mode untuk seri ini, dengan artikel seperti menginginkan tombol untuk skip boss dengan alasan inclusivity dan bahwa game itu seharusnya mudah supaya semua kalangan bisa main gamenya dan menikmati story atau enviromentnya saja tanpa ada tantangan pada gameplay. Yang pertama aku pingin tegasin adalah Dark Souls itu tidak sesusah semua orang bilang, gamenya nge-reward orang yang mau belajar dari kesalahan, fokus, berhati-hati, dan sadar akan lingkungannya. Gamenya juga mempunyai multiplayer yang bisa double edged sword karena kita bisa minta bantuan online atau kita bisa diserang sama player lain. Gamenya memang memperlukan kita lebih berhati-hati. Oleh karena ini aku tidak setuju dengan opini bahwa Dark Souls memperlukan easy mode karena berbagai alasan yang aku bakal jelasin di post ini.
1. Tidak semua video game itu untuk semua orang sama seperti medium lain. Iya, orang tidak perlu berusaha untuk menonton film atau baca buku. Tapi, gameplay adalah bagian yang menurutku terpenting dalam sebuah video game dan adalah hal yang paling membedakan video game dengan medium lain. Dan, mengorbankan gameplay adalah sesuatu yang detrimental untuk seluruh medium video game dan gamenya sendiri.
2. Mereka yang memilih easy mendapatkan pengalaman yang tidak sesuai dengan design developernya yang terkenal dibuat se-detail mungkin untuk setiap encounternya membuat mereka seperti hanya mendpatkan pengalaman tidak sempurna dan hanya setengah matang.
3. Membuat criticism yang kurang jelas tambah banyak. Dengan adanya difficulty select atau easy mode ini akan membuat reviewer pemalas memainkan gamenya dalam mode easy dan reviewnya akan berbasis difficulty easy yang biasanya tidak sesuai dengan keinginan developernya dan membuat review gamenya jadi tidak jelas dan susah dipercaya
4. Kesusahan dalam Dark Souls itu bagian dari pengalaman mainnya yang punya tempat di storynya. Dark Souls adalah game yang oppressing dan depressing, dimana semua musuh itu bahaya dan bisa dengan mudah bunuh playernya dengan mudah kalau mereka tidak hati-hati. Ini merupakan bagian yang sangat penting dalam dunianya Dark Souls yang membuat dunianya tambah oppressing dan hampir seperti game survival horror karena membuat playernya takut akan sekelilingnya. Kalau Dark Souls sampai ada easy mode mereka sudah tidak mainin Dark Souls lagi karena salah satu bagian terpenting dalam pengalaman Dark Souls sudah tidak ada.
Ini adalah sebagian dari masalah aku dengan kalau diadakannya easy mode di Dark Souls, aku pingin semua orang yang main Dark Souls mendapatkan kepuasan yang aku dapetin kalau aku main gamenya dan kalau easy mode ada apa yang akan dibicarakan tidak akan nyambung dengan sepenuhnya.
Comments
Post a Comment